Facebook Fans Page

Arti Seorang Warga PSHT



Memayu Hayuning Bawono



Sebagai mana kita ketahui bila seseorang disahkan menjadi seorang warga sh terate pasti akan mengalami pertanyan2 didalam hatinya..?

    Bagaimana ilmu sh itu
    Bagai mana mencarinya
    Bagaimana mengamalkannya



Kita tentunya pernah mendapat pertanyaan sewaktu kita siswa dulu oleh para pelatih kita

“ apa tujuan persaudaraan setia hati terate  ?

Jawabannya adalah   Mendidik manusia yang berbudi luhur tahu benar dan salah serta  bertakwa kepada tuhan yang maha esa..dengan dasar inilah kita akan mengetahui pertanyaan2 yang selama ini ada dalam hati kita terutama para kadang warga tingkat 1

Selama siswa kita dilatih dan dibina oleh para pelatih senior Sh terate ,dimasa inilah kita dididik menjadi seseorang yang tidak tahu menjadi tahu , yang salah menjadi benar, patuh kepada orang tua,patuh kepada pelatih serta bertakwa kepada Tuhan YME. disinilah pendidikan ahklak seharusnya telah  terbina, setelah semua itu didapat barulah kita disahkan menjadi seorang warga sh terate dan mendapat gelar tingkat 1

Didalam penghayatan seorang warga tingkat 1, kita sepatutnya sadar bahwa nilai-nilai luhur telah terbenam dalam diri setiap warga sh terate khususnya warga tingkat 1,setiap gerak gerik,tingkah laku, sopan santun dan pola pikir haruslah mencerminkan seorang yang mempunyai  kwalitas yang berbeda dengan manusia lain pada umumnya.

Perlu kita ketahui ilmu SH terate adalah ilmu kehidupan dunia.yang seyogyanya kita amalkan betul didunia ini.Didalam mengarungi kehidupan ini kita haruslah bercermin pada pola berlatih kita dahulu yaitu :



    Sabuk polos

kita ketahui makna polos adalah awal atau dasar yang seharusnya kita sadar bahwa kita terlahir kedunia ini belum/tidak mengetahui apa-apa. masa ini adalah masa kanak-kanak dimana kita hanya bermain-main, di mana fungsi dari bermain adalah untuk menguatkan tulang-tulang dan sel-sel dalam tubuh kita untuk masa belajar kelak.

    Sabuk Jambon

Adalah masa belajar atau menciptakan potensi. Terlahir kedunia yang fana ini kita telah dikaruniai oleh Allah SWT berupa otak,yang akan terisi pikiran dan akal. Dimana dimasa belajar inilah penggemblengan/orientasi  norma-norma kehidupan,adat istiadat,sopan santun,akhlak dan pola pikir  mulai terbina. didalam ruang lingkup keluarga,sekolah,organisasi maupun lingkungan.

Masa inilah yang akan menentukan kehidupan kita kedepan kelak dan tergantung dari potensi/SDM manusia tersebut dalam menyerap ilmu, apabila manusia itu dapat mengoptimalkan karunia yang diberikan tuhan kepada kita,maka hasilnyapun akan didapatkan kelak

    Sabuk Hijau

Masa dimana kita tumbuh untuk mengamalkan ilmu dari masa belajar,masa inilah kita dituntut untuk berjalan didunia ini dengan sikap dewasa dan penuh tanggung jawab,dimana suatu masa untuk maju dan maju terus untuk mendapatkan segala sesuatu yang kita inginkan dengan potensi yang kita punya.

    Sabuk Putih

Adalah suatu masa dimana kita sadar kita hidup di dunia ini semata- mata hanya untuk Tuhan YME.disinilah akhir segala strata tingkatan.

    Mori (Kafan)

Adalah tingkatan teratas yaitu seorang warga yang telah mengerti dan tahu jati dirinya hidup didunia ini dan akan kemana ia nanti.ia telah sadar bahwa mati hanya sejengkal dari dirinya..dengan diikatnya mori pada tubuhnya berarti ia telah siap mati dan menjadi penyadar dirinya dari tergelincirnya hidup di dunia ini.



BAGAIMANA ILMU SH ITU ?



Ilmu SH terate adalah ilmu kehidupan yang menuntut kewajaran dalam bertindak dan bertingkah laku didunia ini dan tidak mengharapkan yang neko-neko atau lainnya.

Setiap  kadang warga pasti memiliki hati, hati itulah kekuatan seorang warga SH terate, yang apabila ia setia penuh pada hatinya maka apapun halangan yang ada di depannya akan sirna dengan sendirinya, sebagai mana kita mengenal falsafah  :

   “Manusia dapat dimatikan,manusia dapat dihancurkan tetapi manusia tidak dapat dikalahkan selama masih setia (ber-SH ) kepada hatinya”

Makna  dari falsafah itu adalah agar kita sadar betul dengan loyalitas/kesetiaan yang tinggi pada hati kita, berarti kita telah membuat benteng jati diri yang tidak dapat ditembus dengan godaan atau tipu daya apapun yang akan menghancurkan kita didunia ini. Ketulusan dan kebersihan hati dari berbagai sifat2 dan perilaku yang tidak terpuji adalah suatu kunci kekuatan seorang warga SH terate.



Seorang warga Sh terate yang telah mengerti betul jati dirinya didunia ini ,ia tidak akan kehilangan arah apapun dalam hidupnya,ia selalu mengikuti mata hatinya dalam bertindak dan selalu mengikuti kata hatinya yang menjadi raja dalam hidupnya..

0 Response to "Arti Seorang Warga PSHT"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.